SELUK BELUK INTERNET

Alwi Shahab

Bagian Penyakit Dalam

FK Unsri/RSMH

Palembang

internet

 

Apakah Internet itu ?

           Internet adalah suatu jaringan komputer yang sangat besar, terdiri dari  jutaan perangkat komputer yang terhubung melalui suatu protokol  tertentu untuk  pertukaran informasi antar komputer tersebut. Salah satu keistimewaan Internet adalah memung- kinkan hampir semua jenis komputer dapat berhubungan satu sama lain mulai dari mainframe canggih diperusahaan-perusahaan besar sampai komputer pribadi dirumah atau laptop bahkan handphone. Komputer-komputer ini terhubung dengan berbagai cara antara lain melalui ISDN ( Integrated Services Digital Net­work ), pesawat telepon,  serat optik dan bahkan melalui satelit. Semua komputer yang terhubung ke Internet melakukan pertukaran informasi melalui protokol yang sama yaitu dengan cara TCP / IP ( Transmission Control  Protocol / Internet Protocol ).  Kebanyakan komputer di Internet juga merupakan bagian dari jaringan yang lebih kecil dari suatu perusahaan atau institusi pendidikan. Internet tidak hanya merupakan jaringan komputer yang besar, melainkan juga membentuk suatu komunitas yang melampaui batas-batas suatu negara, menghimpun kelompok sosial, intelektual dan psikologik yang luas. Internet sebagai suatu komunitas mempunyai peraturan- peraturan tertentu yang dikenal dengan istilah IRL (In Real Life ).  Setelah terkoneksi dengan Internet, berbagai program dapat di unduh  secara gratis. Beberapa perusahaan komunikasi terkemuka mengembangkan suatu program komunikasi  yang disebut Client Programs dengan tujuan untuk mempermudah pemakai dalam mengakses Internet.

Client Programs ini merupakan suatu  freeware/shareware programs , artinya bahwa program tersebut dapat diunduh oleh pemakai jasa Internet secara gratis atau hanya dipungut biaya yang sangat murah selama masa promosi. Selain program-program komunikasi yang berhubungan dengan akses Internet, informasi-informasi  tentang  perusahaan atau publikasi ilmiah dan hasil-hasil riset dari berbagai Universitas terkemuka dapat pula diperoleh tanpa dipungut biaya. Timbul pertanyaan, siapakah yang membiayai Internet ? Jawabannya analog dengan jalan raya, dimana arus lalu lintas informasi didalam Internet dibiayai oleh badan-badan pemerintah atau perusahaan-perusahaan  besar yang bergerak dibidang pelayanan  komunikasi-informasi, terutama di Amerika Serikat dan Eropa. Jaringan-jaringan informasi yang lebih kecil biasanya dibiayai oleh suatu organisasi lokal seperti Universitas. Di Inggeris terdapat sistim informasi utama bernama JANET yang dibiayai oleh Kementerian Pendidikan. Walaupun pertukaran  informasi ini tidak dipungut biaya, namun para pemakai jasa Internet dibatasi oleh suatu kode etik informasi yang disebut Netiquette. Salah satu isi kode etik ini menyebutkan bahwa   para pemakai dihimbau untuk tidak mengunduh file-file dari tempat yang jauh sementara komputer lokal yang lebih dekat juga menyimpan file-file informasi yang sama. Kecepatan transmisi informasi melalui Internet bervariasi tergantung dari perangkat keras yang digunakan, jenis koneksinya dan kapasitas informasi yang sedang ditransmisi saat itu. Kecepatan akses melalui modem pada komputer pribadi dirumah lebih lambat dibandingkan dengan akses melalui lingkungan perusahaan atau institusi pendidikan. Saat ini akses internet sudah dapat dilakukan di tempat-tempat umum bahkan melalui handphone berkat  kemajuan teknologi nirkabel.


Manfaat Internet bagi Profesi Kedokteran

           Internet  dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan, antara lain :

  • Konsultasi mengenai permasalahan klinis yang sedang dihadapi dengan para pakar   kedokteran  diseluruh  dunia.
  • Mengirim naskah ilmiah dan menerima tanggapan dari naskah  tersebut hanya dalam beberapa hari.
  • Membaca jurnal-jurnal terbaru atau abstraknya tanpa dipungut biaya.
  • Memperdalam pengetahuan kedokteran sesuai  bidang spesialisasi yang diinginkan, misalkan mempelajari teknik Magnetic Resonance Imaging  (MRI) di Florida, tanpa harus pergi kesana.
  • Mengikuti diskusi ilmiah  atau konferensi jarak jauh (teleconference)   dengan para pakar diseluruh dunia.
  • Membuka daftar katalog yang terdapat di toko-toko buku atau penerbit-penerbit terkenal dan memesan buku yang dikehendaki dalam waktu yang singkat secara online.
  • Masih banyak lagi informasi-informasi yang dapat digali dari dalam belantara Internet termasuk program pendidikan bagi mahasiswa kedokteran dan pendidikan kedokteran berkelanjutan.  Internet bahkan dapat dipergunakan sebagai media untuk publikasi hasil riset dibidang kedokteran. 












Copyright @2009-2015 by Alwi Shahab